Jangka Jayabaya

Ini adalah bait terakhir dari ramalan Jayabaya. Kami tampilkan Bahasa Jawa disertai dengan pemaknaan (bukan arti) yang menggunakan Bahasa Indonesia agar pembaca bisa mengerti maksud dari tulisan Jayabaya.


140.

polahe wong Jawa kaya gabah diinteri

endi sing bener endi sing sejati

para tapa padha ora wani

padha wedi ngajarake piwulang adi

salah-salah anemani pati


Tingkah polah penduduk Jawa seperti gabah yang sedang di tampi

hakikat mana yang benar mana yang sejati

semua pertapa tidak berani

semua takut mengajarkan hakikat kehidupan

salah-salah bisa menemui ajal



141.

banjir bandang ana ngendi-endi

gunung njeblug tan anjarwani, tan angimpeni

gehtinge kepathi-pati marang pandhita kang oleh pati geni

marga wedi kapiyak wadine sapa sira sing sayekti


Banjir bandang terjadi di mana-mana

gunung meletus secara tiba-tiba, tanpa memberi pertanda sebelumnya

masyarakat umum benci sekali dengan pandita yang sejati

karena takut terbongkar aib siapa diri anda sesungguhnya.


142.

pancen wolak-waliking jaman

amenangi jaman edan

ora edan ora kumanan

sing waras padha nggagas

wong tani padha ditaleni

wong dora padha ura-ura

beja-bejane sing lali,

isih beja kang eling lan waspadha


Memang jaman telah terbalik

kita sekarang mengalami jaman gila

yang tidak gila tidak akan kebagian

yang waras tetap waspada

petani terbelenggu

pembohong tidak terhitung jumlahnya dan terang-terangan

seuntung-untungnya orang yang lupa

masih untung orang yang ingat dan waspada


143.

ratu ora netepi janji

musna kuwasa lan prabawane

akeh omah ndhuwur kuda

wong padha mangan wong

kayu gligan lan wesi hiya padha doyan

dirasa enak kaya roti bolu

yen wengi padha ora bisa turu


Pemimpin negeri tidak menepati janjinya

hilang kuasa dan wibawanya

banyak yang berlomba mengejar kemewahan

orang saling makan orang

gemar memburu kayu dan besi

terasa nikmat seperti roti

hingga tidak dapat tidur di malam hari


144.

sing edan padha bisa dandan

sing ambangkang padha bisa

nggalang omah gedong magrong-magrong


Yang sinting sangat pandai berdandan

yang menghianati negara

bisa membuat rumah mewah mentereng


145.

wong dagang barang sangsaya laris, bandhane ludes

akeh wong mati kaliren gisining panganan

akeh wong nyekel bendha ning uriping sengsara


Pedagang yang dagangannya laris, tapi hartanya habis

banyak orang yang mati kelaparan dan kekurangan gizi

banyak orang yang mempunyai harta tapi hidupnya sengsara


146.

wong waras lan adil uripe ngenes lan kepencil

sing ora abisa maling digethingi

sing pinter duraka dadi kanca

wong bener sangsaya thenger-thenger

wong salah sangsaya bungah

akeh bandha musna tan karuan larine

akeh pangkat lan drajat padha minggat tan karuan sebabe


Orang yang waras dan adil, hidupnya sengsara dan terkucil

yang tidak pandai mencuri, dibenci

yang pandai menipu, dijadikan teman banyak orang

orang yang hidupnya benar, semakin susah

orang yang hidupnya salah, semakin gembira

banyak uang terbuang tidak semestinya

banyak orang berpangkat dan berkedudukan yang kabur tanpa sebab


147.

bumi sangsaya suwe sangsaya mengkeret

sakilan bumi dipajeki

wong wadon nganggo panganggo lanang

iku pertandhane yen bakal nemoni

wolak-walike zaman


Bumi ini semakin lama terasa semakin sempit

setiap jengkal ada pajaknya

kaum wanita senang berbusana pria

itu adalah tanda jika kita

akan mengalami pergantian jaman


148.

akeh wong janji ora ditepati

akeh wong nglanggar sumpahe dhewe

manungsa padha seneng ngalap,

tan anindakake hukuming Allah

barang jahat diangkat-angkat

barang suci dibenci


Banyak orang yang berjanji namun tidak menepatinya

banyak juga orang yang melanggar sumpahnya sendiri

manusia menjadi senang memburu nafsu

tidak menjalankan apa yang telah di perintahkan Tuhan

hal-hal yang jahat dijunjung tinggi

hal-hal yang baik dan suci, dibenci


149.

akeh wong ngutamakake royal

lali kamanungsane, lali kebecikane

lali sanak lali kadang

akeh bapa lali anak

akeh anak mundhung biyung

sedulur padha cidra

keluarga padha curiga

kanca dadi mungsuh

manungsa lali asale


Banyak orang yang mengutamakan hidup mewah

lupa kemanusiaan, lupa kebajikan

lupa saudara, lupa kerabat

banyak ayah yang lupa anaknya

banyak anak yang mengusir ibunya

sesama saudara saling bertengkar

sesama keluarga saling curiga

teman jadi musuh

manusia telah lupa pada asalnya


150.

ukuman ratu ora adil

akeh pangkat jahat jahil

kelakuan padha ganjil

sing apik padha kepencil

akarya apik manungsa isin

luwih utama ngapusi


Peraturan pemimpin negeri tidak lah adil

banyak pejabat yang jahat dan jahil

bertingkah laku tidak semestinya

yang baik, terkucil

sepertinya untuk berbuat baik, manusia menjadi malu

karena lebih utama membohongi


151.

wanita nglamar pria

isih bayi padha mbayi

sing pria padha ngasorake drajate dhewe


Wanita melamar pria

masih remaja sudah melahirkan bayi

yang pria gemar melecehkan derajat diri pribadi


Bait 152 sampai dengan 156 tidak ada (hilang atau rusak)


157.

wong golek pangan pindha gabah den interi

sing kebat kliwat, sing kasep kepleset

sing gedhe rame, gawe sing cilik keceklik

sing anggak ketenggak, sing wedi padha mati

nanging sing ngawur padha makmur

sing ngati-ati padha sambat kepati-pati


Orang cari makan polahnya seperti gabah yang ditampi

yang malas tidak kebagian, yang lambat terpeleset

yang kuat berkuasa, membuat yang lemah terhimpit

yang terlena terseret, yang takut akan mati

namun yang tidak menghiraukan aturan hidupnya malah makmur

yang berhati-hati meratap menjadi-jadi


158.

cina alang-alang keplantrang dibandhem nggendring

melu Jawa sing padha eling

sing tan eling miling-miling

mlayu-mlayu kaya maling kena tuding

eling mulih padha manjing

akeh wong injir, akeh centhil

sing eman ora keduman

sing keduman ora eman


Suatu saat orang cina lari terbirit-birit karena di amuk massa

yang ingat akan sejarah, menuruti orang jawa

yang tidak ingat, mulai resah

menghindar ke sana kemari seperti dituduh pencuri

yang ingat mati akhirnya sadar

banyak yang sombong, banyak pula yang kikir

yang menyayangi harta tidak akan kebagian selamat

yang kebagian selamat tidak akan sayang harta


159.

selet-selete yen mbesuk ngancik tutuping tahun

sinungkalan dewa wolu, ngasta manggalaning ratu

bakal ana dewa ngejawantah

apengawak manungsa

apasurya padha bethara Kresna

awatak Baladewa

agegaman trisula wedha

jinejer wolak-waliking zaman

wong nyilih mbalekake,

wong utang mbayar

utang nyawa bayar nyawa

utang wirang nyaur wirang


Selambat-lambatnya jika kelak akan mendekati akhir tahun (Kalabendu)

dengan tanda 1888 Tahun Surya

akan ada dewa yang menitis dan memerintah

berbadan manusia

wajahnya sama persis Bathara Kresna

berwatak Baladewa

berpedoman Trisula Wedha

waktunya adalah masa pergantian jaman

dimana orang yang meminjam akan mengembalikan

orang yang berhutang akan membayar

hutang nyawa dibayar nyawa

hutang malu dibayar malu


160.

sadurunge ana tetenger lintang kemukus lawa

ngalu-ngalu tumanja ana kidul wetan bener

lawase pitung bengi,

parak esuk bener ilange

bethara surya njumedhul

bebarengan sing wis mungkur prihatine manungsa kelantur-lantur

iku tandane putra Bethara Indra wus katon

tumeka ing arcapada ambebantu wong Jawa


Sebelumnya ada pertanda bintang bersinar terang

sangat panjang biasnya, di langit sebelah tenggara

lamanya tujuh malam

hilangnya bintang itu mendekati fajar

Bethara Surya pun muncul

seiring dengan akhir dari keprihatinan manusia yang telah berlarut-larut

itu pertanda putra Bethara Indra telah terlihat

datang di bumi untuk membantu orang jawa


161.

dunungane ana sikil redi Lawu sisih wetan

wetane bengawan banyu

andhedukuh pindha Raden Gatotkaca

arupa pagupon dara tundha tiga

kaya manungsa angleledha


Dia bertempat tinggal di sekitar kaki Gunung Lawu, di kawasan timurnya

di timur bengawan Madiun (satu-satunya bengawan di timur Lawu adalah bengawan Madiun)

rumahnya seperti milik Raden Gatotkaca

tampak seperti rumah merpati tiga susun

seperti manusia yang sedang merentangkan tangan


162.

akeh wong dicakot lemut mati

akeh wong dicakot semut sirna

akeh swara aneh tanpa rupa

bala prewangan makhluk halus padha baris, pada rebut benere garis

tan kasat mata, tan arupa

sing madhegani putrane Bethara Indra

agegaman trisula wedha

momongane padha dadi nayaka perang

perange tanpa bala

sakti mandraguna tanpa aji-aji


Banyak orang di gigit kuman, mati

banyak orang di gigit semut, sirna

banyak terdengar suara aneh, yang tak berwujud

bala tentara makhluk halus telah berbaris, saling berebut tempat yang dekat

tidak terlihat mata, tidak berwujud

yang memimpin adalah putra Bathara Indra

berpedoman Trisula Wedha

muridnya semua menjadi panglima perang

perang tanpa pasukan

sakti mandraguna tanpa mantra


163.

apeparap pangeraning prang

tan pokro anggoning nyandhang

ning iya bisa nyembadani ruwet rentenging wong sakpirang-pirang

sing padha nyembah reca ndhaplang,

cina eling seh seh kalih pinaringan sabda hiya gidrang-gidrang


Bergelar pemimpin perang

pakaiannya seenaknya sendiri

namun bisa memecahkan permasalahan rumit orang banyak

yang gemar memuja uang

yaitu keturunan cina yang ingat anugrah dan telah diperintah, tunduk ketakutan


164.

putra kinasih swargi kang jumeneng ing gunung Lawu

hiya yayi bethara mukti, hiya krisna, hiya herumukti

mumpuni sakabehing laku

nugel tanah Jawa kaping pindho

ngerahake jin setan

kumara prewangan, para lelembut ke bawah perintah saeko proyo

kinen ambantu manungso Jawa padha asesanti trisula weda

landhepe triniji suci

bener, jejeg, jujur

kadherekake Sabdopalon lan Noyogenggong


Dia adalah putra kesayangan dari almarhum yang tinggal di Gunung Lawu

Dia disebut sebagai Bethara Mukti, juga Kresna, dan juga Herumukti

menguasai semua ajaran

akan membelah kawasan tanah Jawa untuk kedua kali

mengerahkan jin dan siluman

berkumpul semua ruh dan makhluk halus di bawah perintahnya, bersatupadu

guna membantu penduduk jawa memahami Trisula Wedha

yaitu ketajaman dari tiga hukum yang suci

berlaku benar, lurus, dan jujur

diasuh oleh Sabdopalon dan Noyogenggong (Bathara Manikmaya dan Bathara Narada)


165.

pendhak Sura nguntapa kumara

kang wus katon nembus dosane

kadhepake ngarsaning sang kuasa

isih timur kaceluk wong tuwa

paringane Gatotkaca sayuta


Setelah bulan Sura iringi lah kedatangannya

yang sudah terlihat akan menebus dosa

di hadapan kehadirat Tuhan Yang Kuasa

masih muda sudah disebut orang tua

warisan dari Gatotkaca banyak sekali


166.

idune idu geni

sabdane malati

sing mbregendhul mesti mati

ora tuwo, enom padha dene bayi

wong ora ndayani nyuwun apa bae mesthi sembada

garis sabda ora gentalan dina,

beja-bejane sing yakin lan tuhu setya sabdanira

tan karsa sinuyudan wong sak tanah Jawa

nanging inung pilih-pilih sapa


Ludahnya ludah api

Perkataannya pasti terjadi

yang membangkang pasti mati

tidak tua, muda hanya seperti bayi

orang yang tidak mampu, jika meminta apa saja pasti dipenuhi

apa yang di ucapkannya langsung terjadi

betapa beruntung orang yang yakin dan benar-benar setia pada perkataannya

tidak akan mau menerima bakti orang se tanah Jawa

namun hanya memilih beberapa saja


167.

waskita pindha dewa

bisa nyumurupi lahire mbahira, buyutira, canggahira

pindha lahir bareng sadina

ora bisa diapusi marga bisa maca ati

wasis, wegig, waskita,

ngerti sakdurunge winarah

bisa pirsa mbah-mbahira

angawuningani jantraning zaman Jawa

ngerti garise siji-sijining umat

Tan kewran sasuruping zaman


Berpengetahuan seperti dewa

dapat mengetahui lahirnya kakek anda, buyut anda, canggah anda

seakan lahir bersamaan

tidak bisa dibohongi karena bisa membaca isi hati

bijaksana, cermat, berilmu

mengerti apa yang belum terjadi

mengerti sejarah nenek moyang anda

ikut terlibat di setiap perputaran jaman Jawa

mengerti garis nasib setiap umat

tak takut di telan jaman


168.

mula den upadinen sinatriya iku

wus tan abapa, tan bibi, lola

awus aputus weda Jawa

mung angandelake trisula

landheping trisula pucuk

gegawe pati utawa utang nyawa

sing tengah sirik gawe kapitunaning liyan

sing pinggir-pinggir tolak colong njupuk winanda


Maka carilah satria itu

sudah tidak mengikuti orangtuanya, bibinya, seperti sebatangkara

sudah tidak menggunakan aturan Jawa

hanya mengandalkan Trisula

tajamnya ujung trisula

bisa berbuah kematian atau mencabut nyawa

yang tengah pantang membuat rugi orang lain

sedang yang dua lainnya pantang mengambil yang bukan haknya


169.

sirik den wenehi

ati malati bisa kesiku

senenge anggodha anjejaluk cara nistha

ngertiyo yen iku coba

aja kaino

ana beja-bejane sing den pundhuti

ateges jantrane kaemong sira sebrayat


Tidak suka jika diberi

hati bening bisa tersinggung

namun senang menggoda, meminta dengan cara yang tidak sopan

ketahuilah jika itu merupakan cobaan

jangan merasa terhina

ada untungnya jika anda dimintai

artinya bakal dilindungi anda se keturunan


170.

ing ngarsa Begawan

dudu pandhita sinebut pandhita

dudu dewa sinebut dewa

kaya dene manungsa

dudu seje daya kajawaake kanti jlentreh

gawang-gawang terang ndrandhang


Di hadapan sang guru

bukan pandita di sebut pandita

bukan dewa di sebut dewa

padahal manusia biasa

bukan hal sulit memberi pelajaran hidup hingga sejelas-jelasnya

rahasia-rahasia hidup menjadi terang benderang


171.

aja gumun, aja ngungun

hiya iku putrane Bethara Indra

kang pambayun tur isih kuwasa nundhung setan

tumurune tirta brajamusti pisah kaya ngundhuh

hiya siji iki kang bisa paring pituduh

marang jarwane jangka kalaningsun

tan kena den apusi

marga bisa manjing jroning ati

ana manungso kaiden ketemu

uga ana jalma sing durung mangsane

aja sirik aja gela

iku dudu wektunira

nganggo simbol ratu tanpa makutha

mula sing menangi enggala den leluri

aja kongsi zaman kendhata madhepa den marikelu

beja-bejane anak putu


Jangan heran, jangan bingung

itu lah putra Bathara Indra

yang paling sakti dan masih berkuasa atas makhluk halus

turunnya Tirta Brajamusti pisah seperti tertuai

hanya seorang ini yang bisa memberi petunjuk

atas apa yang tersirat dalam ramalan saya

tidak akan anda dibohongi

karena bisa diterima dalam hati

ada orang yang diijinkan bertemu dengannya

juga ada orang yang belum tiba waktunya

jangan lah iri dan jangan kecewa

karena memang bukan bagian anda

dia memakai lambang raja namun tidak bermahkota

maka yang sempat bertemu segera lah menghormati

jangan sampai tidak bertemu, segera menghadap dan mematuhinya

agar beruntung anak cucu


172.

iki dalan kanggo sing eling lan waspada

ing zaman kalabendu Jawa

aja nglarang dalem ngleluri wong apengawak dewa

cures ludhes saka braja jelma kumara

aja-aja kleru pandhita samusana

larinen pandhita asenjata trisula wedha

iku hiya pinaringaning dewa


Ini jalan bagi yang ingat dan waspada

di jaman Kalabendu Jawa

jangan lah memusuhi manusia yang seperti dewa

akan hancur lebur menjadi abu seluruh yang ada

tapi jangan sampai keliru orang yang mengaku-aku pandita

cari lah pandita yang berpedoman Trisula Wedha

itu lah pemberian dewa yang sesungguhnya


173.

nglurug tanpa bala

yen menang tan ngasorake liyan

para kawula padha suka-suka

marga adiling pangeran wus teka

ratune nyembah kawula

angagem trisula wedha

para pandhita hiya padha muja

hiya iku momongane kaki Sabdopalon

sing wis adu wirang nanging kondhang

genaha kacetha kanthi njingglang

nora ana wong ngresula kurang

hiya iku tandane kalabendu wis minger

centi wektu jejering kalamukti

andayani indering jagad raya

padha asung bhekti


Menyerang tanpa pasukan

jika menang tidak menghina yang kalah

rakyatnya senang gembira

karena keadilan Tuhan telah datang

rajanya menyembah rakyat

berpedoman Trisula Wedha

seluruh pandita juga memujinya

itu lah asuhan kakek Sabdopalon

yang pernah dibuat malu tapi terkenal

akan benar terwujud dengan jelas

tidak akan ada orang yang mengeluh kekurangan

itu lah tanda Kalabendu telah usai

berganti waktu jaman penuh kemuliaan

memperkokoh tatanan jadad raya

seluruh alam menghaturkan pujian


Sumber

Post a Comment (0)
Waosan Sakderengipun Waosan Saklajengipun